Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips Mencegah Penipuan di Internet


Tips Mencegah Penipuan di Internet. Belakangan ini, aksi penipuan makin marak terjadi. Bukan hanya di kehidupan nyata sehari-hari, namun di dunia maya pun saat ini penipuan marak terjadi. Penipu berusaha sebaik mungkin menjerat korbannya dengan sesuatu yang bisa di sebut kreatif. Untuk itu, Bawel oh Bawel akan memberikan Tips Mencegah Penipuan di Internet. Berikut ini yang harus kita lakukan agar tidak terjebak ke dalam permainan sang penipu.
  1. Undian Berhadiah
    Mungkin ini salah satu contoh penipuan yang marak terjadi saat ini melalui media email. Untuk memastikan keabsahan undian tersebut, jangan terpancing dengan menghubungi kontak yang ada di dalam email tersebut. Cobalah cari di Search Engine mengenai kontak asli dari apa yang di kabarkan dalam email tersebut. Dan jangan terpancing untuk mengirimkan uang terlebih dahulu sebelum memastikan kebenaran undian tersebut.
  2. Web Phising
    Web Phising merupakan website yang menyerupai dengan aslinya. Biasanya pada halaman web tersebut, kita diharuskan memasukkan data penting kita seperti ID,Password dan yang lainnya. Untuk mencegahnya, jangan pernah melakukan klik pada link yang di anggap mencurigakan. Dan harap dipastikan bahwa URL yang anda akses adalah URL asli dari web aslinya
  3. Pencucian Uang / Money Laundry
    Biasanya di sebarkan melalui email yang menyebutkan bahwa sang pengirim email mendapatkan warisan yang perlu dicairkan. Dan anda diminta untuk membantu mencairkan uang tersebut dengan meminta nomor rekening ke anda. Namun anda jangan tergoda dengan tipuan seperti itu. Bisa jadi misalkan uang itu ditransfer ke rekening anda, justru anda yang akan berurusan dengan hukum.
  4. Email palsu
    Banyak kaskus penipuan terjadi karena email palsu. Email palsu biasanya seolah-olah berasal dari pihak Google, Yahoo, Facebook maupun yang lainnya. Namun kita perlu waspada dengan email yang isinya menyuruh kita melakukan verifikasi ulang atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan data penting kita. Harap periksa kembali URL nya. Apakan itu URL asli atau palsu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar