Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

grand canal venice italia 2
Kanal sering dikenal dengan saluran air buatan manusia yang dibuat untuk tujuan tertentu. Merupakan bagian dari aliran sungai dengan pelebaran atau pendalaman pada bagian tertentu. Dalam perkembangan selanjutnya, kanal dapat difungsikan sebagai bagian dari sistem pengendalian banjir serta dapat berguna untuk jalur transportasi/perdagangan.
Dalam skala yang lebih besar, kanal dibuat dengan memperpanjang saluran alam (sungai) yang ada. Kanal didesain agar dapat dilintasi oleh kapal boat atau kapal perdagangan yang berguna untuk menghemat jarak tempuh pelayaran.
Selain untuk mengendalikan banjir dan jalur transportasi, kanal juga sering digunakan untuk tujuan pariwisata. Tidak hanya mengutamakan fungsionalitas, beberapa negara memiliki kanal-kanal yang indah dan mempesona. Pesona keindahan kanal-kanal ini telah menjadi daya tarik bagi suatu kota dan menjadi ikon pariwisata, sebut saja Grand Canal Venice di Italia. Berikut ini kanal-kanal yang terkenal dengan keindahannya dari berbagai negara.

 1. Kanal Amsterdam, Belanda

kanal amsterdam 3Photograph by Dilif on Wikimedia Commons
Kanal Amsterdam mulai dibangun pada abad ke 17 pada era Golden Age di Belanda. Tiga kanal utama yang mengelilingi kota Amsterdam ini adalah Herengracht, Prinsengracht dan Keizersgracht dan sering disebut dengan istilah Grachtengordel. Saat ini di kota Amsterdam terdapat kanal dengan panjang lebih dari 100 km dan lebih dari 1.500 jembatan. Disamping kanal-kanal utama, terdapat 1.550 bangunan monumental di sekitar kanal-kanal ini.

kanal amsterdam 2Photograph via Travel Japan Blog

kanal amsterdam Photograph via Sky Scraper City

 2. Kanal Panama, Panama City

kanal panama 3Photograph via Cruises In Panama
Kanal Panama adalah salah satu prestasi besar yang pernah dilakukan manusia. Dengan panjang lebih dari 77 km, kanal Panama mampu menghubungkan samudra Atlantik dan Pasifik pada satu jalur sempit di Panama. Kanal Panama selesai dibangun pada tahun 1914. Dengan sistem kanal ini, kapal-kapal yang sebelumnya harus menempuh jarak yang lebih jauh dan berbahaya di ujung benua Amerika Serikat dapat memperpendek jalur pelayaran dengan rute yang lebih aman. Saat ini lebih dari 14.000 kapal melewati kanal Panama setiap tahunnya.

kanal panamaPhotograph via Cruise Miss

kanal panama 2Photograph via Panama Canal Tours

3. Kanal Stockholm, Swedia

stockholm kanalPhotograph by Claudio Ar on Flickr
Terkenal dengan julukan “Venesia dari Utara”, kanal Stockholm merupakan pesona keindahan di kota Stockholm, Swedia. Kanal Stockholm berada di antara 14 pulau utama. Karena kondisi geografis kota Stockholm yang terbentuk atas pulau-pulau, terdapat banyak kapal dan perahu yang melintas di kanal ini. Berada di kota ini serasa belum lengkap tanpa menikmati perjalanan dengan kapal atau perahu yang melintasi kanal-kanal.

stockholm kanal 2Photograph by ulfbodin on Flickr

stockholm kanal 3Photograph via Sky Scraper City

4. Kanal Bruges, Belgia

kanal bruges belgia 2Photograph by markdhammond on Wikimedia Commons
Kota Bruges adalah salah satu kota bersejarah di Eropa yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, serta salah satu tujuan wisata terkenal di Belgia. Seperti halnya kota Stockholm, kota ini juga mendapatkan julukan “Venesia dari Utara”. Pada abad pertengahan, sungai Reie yang melintasi kota Bruges diubah menjadi jaringan kanal yang memungkinkan para pedagang untuk membawa barang dagangan mereka menuju ke pusat perdagangan. Berkeliling dengan menggunakan kapal atau perahu yang melintasi kanal Bruges adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan bangunan bersejarah di kota Bruges.

kanal bruges belgiaPhotograph by Tony Grist on Wikimedia Commons

kanal bruges belgia 3Photograph by Jean Christophe Benois on Wikimedia Commons

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar