Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jaket Gigi / Crown Untuk Solusi Gigi Rusak

Jaket Gigi / Crown Untuk Solusi Gigi Rusak. Jika selama ini anda menganggap satu-satunya solusi merawat gigi yang sudah telanjur rusak adalah dengan cabut gigi, maka mungkin anda belum mengetahui informasi mengenai jaket gigi/crown. Saya mengerti sebagian besar dari anda sudah mengetahui hal ini. Namun, masih tetap ada orang yang masih belum menngetahuinya. Untuk itulah saya akan mencoba membahasnya.

Istilah crown gigi dalam dunia kedokteran dapat diartikan sebagai mahkota gigi tiruan yang dipasang untuk merestorasi gigi yang bentuknya sudah tidak utuh, bisa karena berlubang cukup besar, patah, maupun sebab lainnya.

Bila lubang pada gigi anda masih kecil solusi yang tepat biasanya dengan melakukan tambal gigi. Ini jelas memakan biaya yang lebih sedikit bila dibanding dengan memasang crown gigi yang biayanya kurang lebih mencapai 1 juta rupiah per gigi.

jaket gigi

Seperti pada gambar di atas adalah pemasangan crown gigi.

Biasanya apabila lubangnya cukup besar anda disuruh melakukan Foto Rontgen Gigi, untuk mengetahui apakah kondisi akar gigi masih baik atau tidak. Kalau masih baik biasanya diperlukan perawatan saluran akar. Dan ini membutuhkan 3 kali kunjungan sampai selesai pemasangan crown. Tapi, apabila tak memerlukan perawatan saluran akar biasanya dalam 2 kali kunjungan anda akan mendapatkan gigi anda bisa tampil seperti semula hanya dalam 2 kunjungan.

Namun, bagaimana bila kondisi akar giginya sudah jelek? Biasanya teknik crown tak akan bisa dilakukan, dan solusinya adalah dengan membiarkannya dengan resiko anda mungkin akan mengalami sakit gigi kambuhan karena gigi berlubang. Atau dengan mencabut gigi kemudian memasang gigi palsu. Solusi lain dengan memasang dental implan yang memakan biaya kurang lebih 10 juta per gigi. Bisa bervariasi harganya di masing-masing tempat praktek. Mahal tapi anda akan mendapatkan gigi anda yang ompong kembali terpasang gigi dan kokoh. Solusi lain yang lebih murah adalah gigi palsu jembatan/bridge tapi mesti mengorbankan gigi di sebelahnya untuk dikikir sebagai penguat.

Saya bukan dokter, tapi hanya sekedar sharing pengalaman karena saya sudah pernah melakukan pemasangan crown. Untuk informasi lebih jelas mengenai biaya, prosedur, keuntungan, resiko, dll silahkan berkonsultasi pada dokter gigi di tempat anda.

Maka dari menjaga kesehatan gigi sedari dini memang perlu kita biasakan agar tak perlu memerlukan perawatan yang memakan biaya. Semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar